Contoh SoalBerikut contoh-contoh soal latihan

Perubahan Zat Padat, Cair dan Gas dan Contohnya

Perubahan Zat Padat, Cair dan Gas dan Contohnya ini merupakan perubahan wujud yang termasuk perubahan termodinamika dari fase benda yang satu menjadi wujud zat lain. Selain itu perubahan ini terjadi karena peristiwa pelepasan serta penyerapan kalor. Terjadi saat titik tertentu yang tercapai oleh senyawa zat yang biasanya dikuantitaskan dalam bentuk angka suhu.

perubahan zat

Berikut Perubahan Zat Padat, Cair dan Gas dan Contohnya

Perubahan Membeku

Untuk perubahan wujud zat cair menjadi padat, zat ini akan melepaskan energi panas. Salah satu contohnya saat peristiwa membeku, air yang di masukkan ke dalam freezer. Maka air tersebut akan menjadi es batu dan begitu pula lilin cair yang didinginkan.

Baca juga: Penjelasan Lengkap tentang benda

Perubahan Zat Cair

Dalam perubahan ini, zat yang mengalami perubahan membutuhkan energi panas. Contohnya pada es batu yang berubah menjadi air saat dipanaskan, lilin yang dipanaskan dan es batu yang dibiarkan dalam ruang terbuka. Maka semua zat tersebut akan mencair dengan sendirinya.

Perubahan Gas/Menguap

Untuk proses menguap, dalam peristiwa ini membutuhkan energi panas. Salah satu contohnya pada air yang direbus dan saat dibiarkan lama-lama maka akan habis. Bensin yang dibiarkan berada di tempat terbuka juga akan segera habis dan berubah menjadi gas.

Mengenal Pengertian Zat Padat dan Zat Cair

Zat padat memiliki bentuk dan volume yang tetap. Contohnya seperti kelereng dan balok kayu. Sedangkan zat cair memiliki volume tetap dengan bentuk yang dapat berubah-ubah sesuai wadahnya.

Contoh pada zat cair ini, saat air di dalam gelas maka bentuknya menyerupai gelas. Tapi pada zat gas, dapat berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Contohnya seperti balon yang diisi dengan angin.

Perubahan Wujud Zat Lain

Mengembun

Selain perubahan perubahan zat padat, cair dan gas dan contohnya ada juga mengembun. Perubahan atau peristiwa mengembun ini, mengalami perubahan dari gas menjadi cair. Zat akan melepaskan energi panas dan contohnya saat Anda menyimpan es batu dalam sebuah gelas.

Maka bagian luar gelas akan basah atau mengembun. Bisa juga terjadi pada rumput yang ada di lapangan saat pagi hari menjadi basah, padahal sore hari sebelumnya tidak hujan.

Menyublim

Menyublim termasuk perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Membutuhkan energi panas untuk perubahan bentuk ini. Contohnya pada kapur barus yang disimpan di lemari pakaian, maka lama-lama kapur barus akan habis.

Mengkristal

Untuk perubahan wujud ini terjadi dari gas menjadi padat. Salah satu contohnya pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

Baca juga: Macam-macam energi dan manfaatnya

Perubahan Wujud yang Dapat Kembali

Pada perubahan zat padat, cair dan gas dan contohnya berbeda dengan perubahan ini. Contohnya saat Anda memasukkan air ke dalam freezer maka akan membeku dan air berubah menjadi es. Tapi jika es di keluarkan dari freezer dan diamkan ke dalam gelas. Maka lama-lama akan berubah menjadi air kembali.

Jika air dalam gelas tersebut dimasukkan kembali ke dalam freezer, maka air ini akan mengeras dan kembali menjadi es, begitu seterusnya. Perubahan zat yang dapat kembali ini dinamakan perubahan fisika dan dapat menghasilkan benda baru yang bersifat sementara.

Perubahan Wujud yang Tidak dapat Kembali

Untuk perubahan wujud zat ini akan terjadi pada kertas yang dibakar. Karena saat dibakar, kertas akan menjadi abu. Tapi abu tersebut tidak dapat kembali menjadi kertas seperti sebelumnya. Perubahan zat padat, cair dan gas dan contohnya ini disebut dengan perubahan kimia, dapat menimbulkan benda baru dan sifat perubahannya tetap.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *