Perbedaan Gerak Hewan dan Tumbuhan

3
28

Secara umum, makhluk hidup memiliki ciri dapat bergerak. Proses ini terjadi karena adanya perubahan energi kimia menjadi gerak. Makhluk hidup memiliki pola gerak masing-masing. Begitu pula dengan tumbuhan dan hewan. Lalu, apakah perbedaan gerak hewan dan tumbuhan? Simak pembahan berikut!

Gerak pada Tumbuhan

  • Gerak Endonom

Gerak pertumbuhan pada daun dan rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata dapat diketahui dari gerak sirkulasi klorofil di dalam sel. Gerak terjadi spontan dan tidak diketahui penyebabnya. Selain itu, tidak memerlukan rangsang dari luar. Inilah yang disebut gerak endonom. Rangsang pada gerak endonom berasal dari dalam tumbuhan sendiri.

  • Gerak Higroskopis

Faktor yang mempengaruhi adalah perubahan kadar air di dalam sel hingga terjadi pengerutan yang tidak merata. Contoh gerak higroskopis adalah menggulungnya gigi-gigi peristoma pada sporangium lumut.

  • Gerak Esionom

Gerak Taksis

Definisi taksis adalah gerak pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi sumber rangsangan dan dilakukan organisme bersel satu. Berdasar jenis rangsangan, taksis dibedakan menjadi fototaksis dan kemotaksis.

  • Gerak Nasti

Nasti merupakan gerak tubuh tumbuhan karena rangsangan dari luar, tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi arah datangnya rangsang. Berdasar jenis rangsangannya dibedakan menjadi niktinasti, fotonasti, dan tigmonasti (seismonasti).

  • Gerak Niktinasi

Niktinasti terjadi karena rangsangan dari lingkungan yang terjadi pada malam hari. Contohnya, menguncupnya daun tumbuhan Leguminosae (kacang-kacangan) menjelang petang karena perubahan dorongan turgor pada tangkai daun.

  • Gerak Fotonasti

Istilah foto berarti cahaya atau sinar. Fotonasti merupakan gerak nasti tumbuhan karena rangsangan cahaya. Mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada petang hari adalah contoh gerak fotonasti.

Baca juga : Bagaimana Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan

  • Gerak Seismonasti

Tigmonasti (seismonasti) merupakan gerak nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh getaran atau sentuhan. Contoh gerakan ini adalah daun putri malu (Mimosa pudica) saat disentuh memberikan rangsangan dengan menutup daunnya.

Perbedaan Gerak Hewan dan Tumbuhan
Perbedaan Gerak Hewan dan Tumbuhan
  • Gerak Termonasti

Termonasti merupakan gerak nasti tumbuhan diengaruhi oleh rangsangan yang berupa suhu. Bunga tulip sering mekar di musim semi karena suhu udara pada musim semi lebih hangat dari musim dingin. Inilah contoh gerak termonasti.

  • Gerak Nasti Kompleks

Nasti kompleks merupakan gerakan tumbuhan karena rangsangan yang diterima lebih dari satu macam. Gerak tumbuhan seperti membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air, cahaya, suhu, dan zat kimia (protein dan gula) merupakan contoh gerak nasti kompleks.

Gerak pada Hewan

Salah satu sifat makhluk hidup adalah bergerak. Hewan bergerak dengan berbagai cara, misal ada binatang yang berjalan, berlari, terbang, berenang, merayap, dan lain sebagainya. Hewan melakukan pergerakan untuk berbagai tujuan, yaitu melindungi diri dari predator atau mencari mangsa.

  1. Gerak Hewan dalam Air

Air memiliki kerapatan yang lebih besar dibanding udara. Air mempunyai gaya angkat lebih besar daripada udara. Tubuh binatang yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada lingkungannya. Gaya angkat air yang besar dan masa jenis binatang yang kecil menyebabkan binatang dapat melayang di dalam air dengan sedikit energi.

  1. Gerak Hewan di Udara

Tubuh hewan memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya memperbesar gaya angkat dengan sayap. Dengan bantuan sayap inilah hewan melakukan pergerakan di udara.

  1. Gerak Hewan di Darat

Kecenderungan binatang yang hidup di darat yaitu memiliki otot dan tulang yang kuat. Otot dan tulang berfungsi mengatasi inersia (kecenderungan tubuh untuk diam) dan untuk menyimpan energi pegas (elastisitas) guna melakukan berbagai aktivitas.

Baca juga : Kenali 6 Cara Perkembangbiakan Hewan

Itulah perbedaan gerak hewan dan tumbuhan yang bisa diketahui. Masing-masing memiliki pola pergerakan yang berbeda. Berdasarkan pembahasan diatas, tumbuhan lebih mendominasi aneka jenis gerak dibanding hewan.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here