Pengertian Rantai Makanan, Jenis-jenis, dan Contohnya

1
7

Rantai Makanan termasuk sebuah peristiwa makan dan dimakan, antara sesama makhluk hidup serta dengan urutan-urutan tertentu. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan energi dan energi tersebut didapatkan dari makanan yang mereka makan.

Dalam rantai makanan tersebut akan ada makhluk hidup yang memiliki perannya masing-masing. Mulai dari produsen, konsumen dan pengurai atau dekomposer. Dalam prosesnya juga akan terjadi proses makan dimakan dengan urutan tertentu.

Jenis-jenis dan Contoh Rantai Makanan

  • Pengertian

Seperti yang sudah diketahui, bahwa hampir semua organisme yang hidup di bumi akan selalu membutuhkan organisme lain serta memiliki lingkungan hidupnya masing-masing.

Hubungan tersebut terjadi antara satu organisme dengan lingkungannya yang saling mempengaruhi, kompleks dan terjadi timbal balik. Hubungan timbal balik sendiri terjadi antara unsur hayati dengan non hayati dan membentuk sebuah sistem ekologi atau ekosistem.

Dalam ekosistem tersebut akan terjadi rantai makanan, aliran energi dan terjadi siklus bio geokimia. Sedangkan pengertian rantai makanan sendiri termasuk pengalihan energi dari sumbernya. Dalam tumbuhan dan melalui sederet organisme yang makan dan yang dimakan.

Baca juga : 2 Jenis Metamorfosis pada Hewan dan Contohnya

  • Jenis-jenis Rantai Makanan

Untuk rantai makanan sendiri terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari rantai pemangsa, rantai parasit dan rantai saprofit. Rantai pemangsa ini menjadi landasan utama yang merupakan tumbuhan hijau dan menjadi produsennya. Dimulai dari hewan herbivora sebagai konsumen 1, karnivora pemangsa herbivora sebagai konsumen 2 dan karnivora atau herbivora sebagai konsumen 3.

Sedangkan rantai parasit biasanya akan dimulai dari organisme besar sampai yang organisme yang hidupnya sebagai parasit. Selain itu pada rantai saprofit sendiri dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai, contohnya seperti jamur dan bakteri. Dari jenis-jenis tersebut tidak berdiri sendiri, tapi ada kaitan satu sama lain dan membentuk jaring-jaring makanan.

Contoh-contoh Rantai Makanan

  • Rantai Makanan di Darat

Tumbuhan akan menyerap, menggunakan sinar matahari dalam memproduksi dan menghasilkan makanan. Makanan tersebut akan berbentuk gula, disimpan dalam biji, buah, batang dan tempat penyimpanan lain.

Sedangkan pada contoh tikus yang merupakan herbivora atau pemakan tumbuhan. Maka mereka akan memakan tumbuhan tersebut, kemudian tubuh tikus mengubah jumlah makanan menjadi energi untuk melakukan aktivitas serta bereproduksi.

Pengertian Rantai Makanan, Jenis-jenis dan Contohnya
Pengertian Rantai Makanan, Jenis-jenis dan Contohnya

Pada konsumen tingkat 12, hewan karnivora akan memakan tikus. Karena tikus sendiri termasuk sumber energi untuk ular dan mempertahankan hidup. Sedangkan burung elang sebagai konsumen tingkat 3 akan memakan ular. Makanan tersebut digunakan untuk energi dan bertahan hidup.

Tapi pada saat burung elang mati, maka akan membusuk dan proses pembusukan akan diuraikan oleh mikroorganisme. Mikro organisme tersebut merupakan bakteri dan diserap oleh tanah sebagai tempat tanaman tumbuh.

  • Rantai Makanan di Laut

Phytoplankton sebagai produsen memiliki kemampuan dalam berfotosintesis dan membentuk cadangan makanan. Kemudian ikan sebagai konsumen tingkat 1 akan memakan phytoplankton dan tubuh ikan akan mengubah makanan tersebut menjadi energi.

Konsumen tingkat 3 seperti bintang laut akan memakan ikan karena menjadi sumber makanannya. Kemudian paus pembunuh sebagai konsumen tingkat 3 akan memakan anjing laut. Makanan tersebut digunakan untuk energi yang tersedia dan bertahan hidup.

Baca juga : Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

Setelah paus mati, maka akan membusuk dan proses pembusukan akan diuraikan oleh mikroorganisme seperti bakteri. Akan diserap lagi oleh tanah atau ekosistem laut dan yang lainnya. Dengan begitu rantai makanan saling berhubungan satu sama lain dan menguntungkan masing-masing organisme yang ada.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here