Contoh SoalBerikut contoh-contoh soal latihan

Pengertian Ekosistem dan Jenis-Jenisnya

Dalam ilmu alam dikenal adanya istilah yang disebut dengan ekosistem. Istilah ini banyak digunakan untuk memahami hubungan dari makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa orang mungkin masih mengingat atau sudah mempelajari tentang ekosistem. Bagi yang belum memahami Pengertian ekosistem dan jenis-jenisnya. Simak dengan baik penjabaran berikut ini.

ekosistem

Perihal Ekosistem

Arti dari Ekosistem

Secara umum ekosistem dapat diartikan sebagai suatu bentuk ekologi yang memiliki hubungan yang saling berkaitan serta tidak terpisahkan diantara lingkungan dengan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Jadi dapat dikatakan bahwa ekosistem merupakan penyatuan yang utuh. Selama berada di ekosistemnya makhluk hidup dapat berkembang biak hingga beradaptasi.

Baca juga : Macam simbiosis dan contohnya

Komponen dalam Ekosistem

Dalam ekosistem terdapat beberapa pembagian komponen yang membentuk ekosistem komponen tersebut ada yang berupa komponen abiotik dan biotik. Arti dari komponen  biotik adalah organisme hidup yang ada dalam ekosistem. Komponen biotik sendiri masih terbagi dalam beberapa hal.

Komponen biotik produsen merupakan organisme yang dapat menyuplai sendiri kebutuhan pangannya dengan melakukan fotosintesis, Konsumen merupakan komponen organisme yang memakan bagian organik dari organisme lain. pengurai menjadi komponen biotik yang sangat penting dalam menghancurkan organisme  atau hal yang berasal dari sisa pencernaan.

Berbeda dari komponen biotik yang terdiri dari berbagai makhluk hidup. Pada komponen abiotik dibagi menjadi beberapa zat penting yang ada di lingkungan alam. Komponen abiotik tersebut berupa air, suhu, cahaya matahari, garam, iklim, tanah, dan batu. Berbagai komponen tersebut merupakan unsur yang sangat penting dan pasti ada dalam suatu ekosistem.

Berbagai Macam Ekosistem

Ekosistem Darat

Ekosistem ini merupakan daratan dan terpengaruh oleh berbagai komponen. Ekosistem darat yang berupa hutan tropis adalah suatu hutan yang berada di area dengan iklim yang tropis serta memiliki unsur hayati yang beragam. Hutan tropis sering mengalami hujan dengan curah yang tinggi.

Daerah gurun mungkin sudah banyak dikenal dan ketahui. Gurun menjadi satu contoh dari ekosistem darat. Gurun termasuk wilayah yang kering dengan suhu yang sangat panas. Berkebalikan dengan hutan tropis, curah hujan di gurun sangatlah rendah. Suhunya yang sangat ekstrem membuat jumlah organisme di ekosistem ini tidaklah banyak.

Taiga dan tundra menjadi ekosistem darat dengan tipe iklim yang hampir mirip. Keduanya mempunyai iklim yang sifatnya dingin. Perbedaan dari kedua ekosistem darat tersebut adalah tumbuhan yang hidup pada lingkungan ekosistem darat tersebut.  Pada taiga tumbuhan yang hidup kebanyakan berupa pepohonan, sehingga disebut juga dengan hutan boreal. Sedangkan tundra lebih banyak ditumbuhi tanaman yang berupa lumut.

Baca juga : Ciri-ciri makhluk hidup

Ekosistem Air

Memahami Pengertian ekosistem dan jenis-jenisnya menjadi hal yang sangat berarti. Ekosistem air merupakan lingkungan yang terdiri dari banyak air. Air tawar jadi bentuk ekosistem air yang dicirikan dengan kadar garam yang rendah. Contohnya, sungai, rawa, dan danau. Bentuk serta aliran dari contoh ekosistem air akan berbeda satu sama lain, ada yang berupa genangan akan tetapi ada pula yang berupa luasan.

Ekosistem air yang berupa lautan merupakan ekosistem yang paling banyak ada di bumi. Air laut di bumi dapat mencakup 75% dari permukaan bumi. Lautan menjadi area yang sangat penting bagi manusia. Di lautan terdapat berbagai makhluk hidup dengan rupa yang sangat beragam.

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa ekosistem mengambil peranan yang sangat penting bagi kelangsungan lingkungan hidup. Ekosistem sendiri terdiri dari abiotik dan biotik. Jenis dari ekosistem ada yang berupa daratan dan perairan. Setiap jenis ekosistem memiliki ciri khas tersendiri dan dihuni oleh organisme yang berbeda-beda. Demikianlah Pengertian ekosistem dan jenis-jenisnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *