Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Pengertian dan Pengelompokan Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Pada makhluk hidup terdapat hal yang menjadi pembeda berdasarkan pada bentuk dan struktur tubuhnya. Ada makhluk hidup yang digolongkan sebagai hewan vertebrata dan ada juga yang dimasukkan sebagai hewan invertebrata. Kedua penggolongan tersebut memiliki karakteristik serta klasifikasi yang berbeda. Berikut ini Pengertian dan pengelompokan hewan vertebrata dan invertebrata.

hewan vertebrata

Pengertian dari Hewan Invertebrata dan Vertebrata

Maksud dari Hewan Invertebrata

Hewan invertebrata tidak memiliki tulang punggung maupun ruas pada bagian tulang punggungnya. Hewan invertebrata kebanyakan memiliki tubuh yang cukup lunak, ada juga yang memiliki lapisan keras pada tubuh luarnya. Lapisan keras di luar tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh hewan invertebrata.

Baca juga : Pengertian rantai makanan dan jenisnya

Maksud dari Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata berkebalikan dengan hewan invertebrata. Hewan vertebrata memiliki tulang belakang pada bagian punggungnya. Secara keseluruhan hewan vertebrata punya struktur tubuh yang lebih bagus. Dari sisi kinerja tubuh, hewan vertebrata memiliki fungsi organ yang lebih baik dan bekerja dengan aktif. Hewan vertebrata juga mempunyai susunan syaraf yang berbeda.

Pengklasifikasian dari Hewan Vertebrata dengan Invertebrata

Hewan yang Termasuk Sebagai Kelompok Vertebrata

ikan merupakan hewan yang tergolong sebagai hewan vertebrata, ikan biasanya dapat ditemukan di wilayah perairan. Amfibi adalah hewan vertebrata yang dapat hidup di darat maupun di air, amfibi termasuk hewan yang tidak dapat mengatur suhu badannya. Reptile, hewan ini dicirikan sebagai hewan yang melata memiliki darah dingin serta permukaan tubuh yang bersisik.

Burung jug tergolong sebagai hewan vertebrata. Hewan ini dicirikan dengan adanya sayap serta yang menutupi sebagian besar tubuhnya. Beberapa dari burung ada yang bisa terbang tetapi ada pula yang tidak. Mamalia hewan yang terkelompok pada jenis ini memiliki kemampuan untuk menyusui. Hewan ini ada yang bisa hidup di darat ada juga yang dapat hidup di air.

Hewan yang Dikategorikan Sebagai Invertebrata

Pembelajaran tentang pengertian dan pengelompokan hewan vertebrata dan invertebrata memang sangat penting untuk menambah pengetahuan. Hewan yang dikelompokkan sebagai hewan invertebrata ada banyak macamnya. Sebagian diantaranya akan dijelaskan secara singkat pada bagian ini.

Filum protozoa hewan bersel satu ini hidupnya di air. Ukuran tubuhnya sangatlah kecil hewan ini memakan tumbuhan dan hewan yang ada di air. Cara geraknya juga berbeda-beda. Filum porifera, hewan ini memiliki pori-pori. Hewan ini hidup di laut bentuknya menyerupai tabung yang berpori dan ada di dasar laut. Hewan ini memakan plankton dan bakteri yang ada di lautan.

Baca juga : 6 Cara perkembangbiakan hewan

Filum cnidarian, hewan satu ini memiliki sengatan. Guna dari sengatan tersebut sebagai cara untuk mempertahankan diri dari pemangsa dan berguna untuk melumpuhkan mangsanya. Ubur-ubur merupakan salah satu contoh dari hewan dalam kelompok ini. Filum ctenophora mempunyai lubang kecil di seluruh bagian tubuhnya. Dalam pori tersebut terdapat racun untuk menangkap mangsa atau melindungi dirinya.

Filum nematoda, hewan ini merupakan cacing yang berbentuk gilik. Cacing ini memiliki bentuk yang runcing pada kedua ujung tubuhnya. Sedangkan pada bagian tengah tubuhnya berbentuk bulatan. Cacing gelang juga termasuk hewan invertebrata. Cacing jenis ini punya bentuk berupa segmen sehingga menyerupai bentuk gelang. Cacing ini punya fungsi organ yang cukup baik dan peredaran darahnya tertutup.

Dalam pembahasan di atas sudah dijelaskan tentang Pengertian dan pengelompokan hewan vertebrata dan invertebrata. Perbedaan dari keduanya terletak pada ada tidaknya tulang belakang. Hewan vertebrata bisa berupa amfibi, ikan, mamalia dan lain sebagainya. Sedangkan invertebrata ada yang berupa filum protozoa, cacing gilik, cacing gelang serta hewan dengan jenis lainnya.

Leave a Reply