Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Pengelompokan Tumbuhan Berdasar Tempat Hidupnya

Setiap tumbuhan memiliki cara tersendiri dalam bertahan hidup. Pertahanan hidup dilakukan bisa didasarkan pada tempat hidup dari tumbuhan tersebut. Sebab, setiap lingkungan hidup memiliki karakteristik yang sangat berbeda dan beragam. Ada tempat hidup yang tergolong nyaman untuk tumbuhan berkembang tetapi ada pula tempat hidup yang ekstrem. Berikut ini Pengelompokan tumbuhan berdasar tempat hidupnya.

pengelompokan tumbuhan

Penggolongan Tumbuhan Didasarkan pada Tempat Bertumbuhnya

Xerofit

Tumbuhan yang termasuk dalam golongan ini, dapat menyesuaikan keadaan dirinya dengan lingkungan yang kering dan minim sumber air. Contoh paling umum dari golongan tumbuhan ini adalah kaktus. Tumbuhan yang kelompok ini bercirikan daun yang kecil atau tidak berdaun namun memiliki duri. Bagian batang dari tumbuhan ini biasanya dilapisi dengan lilin. Sedangkan akarnya sangat panjang dan cakupannya luas.

Baca juga : Mengenal jenis sumber daya alam

Duri pada tanaman ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup tanaman dari kelompok ini. Duri dapat mengurangi terjadinya penguapan air. Tanaman dalam kelompok ini juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan air. Beberapa contohnya yakni, lidah buaya, kurma, lili gurun, dan jenis tanaman lainnya.

Hidrofit

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang dapat hidup di perairan. Ada yang tumbuh dengan terendam sepenuhnya ada pula yang hanya terendam sebagian dalam air. Kemampuan hidup dari tumbuhan ini sangat bergantung pada perairan tempatnya bertumbuh.

Karakteristik dari tumbuhan dari kelompok ini adalah bagian kutikula yang lebih tipis sehingga tidak mudah kehilangan air. Stomatanya lebih sering terbuka karena banyaknya limpahan air. Bentuk daunnya merata agar dapat dengan mudah mengapung di air. Akarnya kecil dan ringan untuk memudahkan tanaman pengatur pengambilan air serta oksigen.

Higrofit

Pengelompokan tumbuhan berdasar tempat hidupnya contohnya adalah tumbuhan higrofit. Jenis tumbuhan ini dapat bertahan hidup dengan baik pada lingkungan yang basah atau lembap. Tumbuhan dalam kelompok ini dicirikan dengan daun yang lebih tipis dengan permukaan yang melebar. Pada permukaan daunnya terdapat banyak stomata agar penguapan air berlangsung dengan lebih cepat.

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang tidak sulit untuk ditemukan. Bahkan tumbuhan ini mungkin bisa ditemukan di sekitar lingkungan rumah. Contohnya, lumut, tanaman daun ungau, tanaman paku, dedalu, dan masih banyak jenis lainnya.

Halofit

Tumbuhan ini tergolong unik karena dapat hidup dengan baik di area laut atau pantai. Ketahanan hidup dari tumbuhan ini sangat baik. Sebab, tumbuhan ini dapat bertahan meski berada di area dengan kadar garam yang tinggi.

Contoh paling umum dari tumbuhan halofit adalah mangrove. Tumbuhan ini bisa bertumbuh dengan baik di area pesisir. Perkembangannya juga dipengaruhi oleh adanya fenomena pasang surut air laut. Tumbuhan ini dapat tumbuh di wilayah tropis hingga subtropis. Tumbuhan ini termasuk tanaman yang sangat penting dan bisa memberi banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup yang tinggal di sekitar mangrove.

Mesofit

Kelompok tumbuhan ini hidup di area yang tidak terlalu basah dan juga tidak kering. Contoh dari tumbuhan satu ini sangatlah mudah untuk dijumpai. Beberapa tumbuhan jenis ini yang sangat umum ditemukan adalah tanaman rambutan, tanaman pepaya, tanaman, pisang, tanaman mangga, dan beberapa jenis tanaman lainnya. tanaman tersebut tentu sangat mudah untuk ditemui, serta lebih mudah untuk ditanam.

Baca juga : Perbedaan gerak hewan dan tumbuhan

Setelah membaca penjelasan tentang Pengelompokan tumbuhan berdasar tempat hidupnya. Tentu saja wawasan jadi lebih bertambah. Secara singkat artikel di atas membahas berbagai informasi terkait kemampuan tumbuhan untuk bertahan dengan tempat hidupnya. Untuk bertahan ada tumbuhan yang merubah bentuk fisiknya sesuai dengan lingkungan tempat bertumbuhnya.

Leave a Reply