Pengelompokan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Hewan itu ada banyak sekali jenisnya, dan masing-masing mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Banyaknya jenis hewan ini bisa menyulitkan manusia untuk mengenalinya, makanya kemudian dilakukan pengelompokan. Pengelompokan hewan itu pun bermacam-macam, ada yang berdasarkan jenis makanannya, cara bergerak, jumlah kaki, penutup tubuhnya, cara berkembang biak, serta tempat hidupnya.

Kali ini akan dibahas khusus untuk pengelompokan yang berdasarkan tempat hidupnya atau habitatnya, hal ini dilakukan karena hewan mempunyai tempat hidup yang berbeda-beda. Ada yang hidupnya di darat, di air maupun di keduanya. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan yang di bawah ini.

Pengelompokan Hewan dengan Melihat pada Tempat Hidupnya

  • Hewan yang Hidup di Air

Untuk yang pertama ialah kelompok hewan yang hidup di air. Hewan yang berada dalam kelompok ini tidak akan mampu bertahan hidup jika ditempatkan di darat, karena alat pernafasan mereka hanya khusus digunakan di dalam air. Adapun alat pernafasan tersebut ada yang berupa insang, ada juga yang berupa paru-paru.

Untuk alat pernafasan berupa insang, ini yang biasa ada pada berbagai jenis ikan. Dengan insang ini, hewan-hewan tersebut akan mampu bernafas sekalipun berada di dalam air. Sedangkan untuk paru-paru, pastinya kapasitas paru-paru milik hewan yang hidup di air lebih besar dibandingkan dengan manusia. Makanya, mereka juga bisa bertahan hidup dalam air.

Adapun ciri khusus yang dimiliki oleh hewan kelompok ini ialah tidak mempunyai daun telinga, mengalami metamorfosis di dalam air dan mempunyai sirip yang fungsinya adalah untuk menjaga keseimbangan tubuhnya pada saat ada di dalam air. Contoh hewan yang tempat hidupnya di air ini adalah ikan, belut, cumi-cumi, paus, hiu, udang dan lain-lain.

  • Pengelompokan Hewan yang Hidup di Darat

Selanjutnya ialah kelompok hewan yang hidup di darat. Hewan-hewan yang ada dalam kelompok ini sudah pasti tidak akan mampu bertahan hidup dalam air. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai alat pernafasan yang berbeda dari hewan yang hidup di air.

Cara Perkembangbiakan Hewan

Cara Perkembangbiakan Hewan

Diantara ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan kelompok ini ialah rata-rata tidak bisa berenang, mempunyai daun telinga, menginjak tanah, tidak mempunyai selaput, alat pernafasannya berupa paru-paru dan bentuk tubuhnya sendiri menyesuaikan dengan lingkungannya.

Adapun contoh hewan darat yang biasa ada di sekitar kita ialah seperti kucing, anjing, angsa, burung, ayam, bebek, kuda, sapi, kambing dan masih banyak lagi. Sementara hewan darat yang biasanya ada di hutan diantaranya adalah harimau, singa, gajah, kijang, rusa dan lain-lain. Kemudian untuk hewan darat yang biasa hidup di dalam tanah diantaranya adalah cacing, serangga, semut serta rayap.

  • Hewan yang Hidup di Darat serta di Air

Kemudian untuk pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya yang terakhir ialah hewan yang hidup baik di darat maupun di air. Hewan yang hidupnya di dua alam seperti ini cukup unik dan biasanya disebut sebagai amfibi. Diantara ciri khas yang dimilikinya ialah metamorfosisnya sempurna.

Selain itu, alat pernafasannya juga berbeda untuk setiap tahap metamorfosis tersebut. Kita ambil contoh saja katak yang mempunyai metamorfosis sempurna. Pada saat masih berbentuk larva, bernafasnya akan menggunakan insang. Sementara jika sudah dewasa, bernafasnya menggunakan paru-paru serta kulit.

Adapun ciri yang lainnya ialah bagian kulitnya berlendir dan jantungnya hanya mempunyai tiga ruang saja, dimana dua diantaranya sebagai serambi jantung sedangkan yang lainnya adalah bilik jantung. Contoh hewan amfibi ini ialah anjing laut, kura-kura, buaya serta katak.

Leave a Reply