Mengenal Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Yang Ada Di Bumi

0
67

Sumber daya alam atau SDA sangat dibutuhkan keberadaannya oleh manusia. Seiring bertambahnya waktu, kebutuhan manusia kian bertambah. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan sesuatu terus berputar di setiap harinya. Populasi manusia semakin meningkat sedangkan SDA dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia dengan kondisi yang sudah disebutkan tadi.

Apa itu SDA sebenarnya? Istilah ini sudah melekat dalam diri manusia sejak kecil, terutama ketika mereka sudah mengenal ilmu sains. Untuk mengetahuinya, simak pembahasan di bawah ini mengenai definisi dan jenis-jenisnya!

Definisi Dan Golongan Sumber Daya Alam

  • Definisi SDA

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, SDA adalah segala hal yang ada di bumi ini yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Segala sesuatu itu bisa berarti air, hewan, angin, matahari, barang tambang, tumbuhan, dan lain sebagainya.

  • Golongan SDA

SDA dapat berupa benda hidup atau hayati dan benda mati atau non-hayati. Dengan kata lain ada 2 golongan dari SDA itu sendiri yaitu SDA hayati atau biotik (seperti tumbuhan, hewan, dan mikro organisme) dan SDA non hayati atau abiotik (seperti gas alam, minyak bumi, air, dan lainnya. Kedua jenis SDA ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik kebutuhan sehari-hari, industri, dan lainnya.

Sumber Daya Alam
Sumber Daya Alam

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Yang Ada Di Bumi

  • SDA Berdasarkan Sifatnya

Menurut sifatnya, SDA dibagi menjadi 2, yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui tidak akan habis walaupun digunakan dalam jumlah yang banyak. Contoh dari SDA ini yaitu udara, air, hewan, tumbuhan, sinar matahari, dan mikroorganisme lain.

Sedangkan SDA yang tidak dapat diperbaharui akan membutuhkan proses lama untuk kemunculan nya karena melalui proses pembentukan. Jadi, untuk memperolehnya kembali, manusia harus menunggu dalam waktu yang lama. Contoh SDA ini di antaranya bahan tambang atau bahan galian.

Baca juga : Macam-Macam Energi Dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

  • SDA Berdasarkan Jenisnya

SDA berdasarkan jenisnya dibagi menjadi dua yaitu SDA biotik (hayati) dan SDA non-hayati (abiotik). SDA hayati dapat mencakup segala sesuatu yang dihasilkan oleh hewan dan tumbuhan, seperti daging, telur, ikan, bagian dari tumbuhan, dan lain sebagainya. Sedangkan SDA non-hayati dapat mencakup benda-benda mati seperti air, tanah, udara, sinar matahari, dan lain sebagainya.

  • SDA Berdasarkan Pembentukannya

Berdasarkan pembentukannya, SDA dibagi menjadi 4 yaitu SDA materi, energi, ruang, dan waktu. SDA materi mencakup penambangan dan pengolahan material. SDA energi dapat mencakup minyak bumi, air, gas bumi, udara, dan sinar matahari. SDA dapat mencakup letak astronomis seperti lembah dan gunung. Contoh SDA waktu yaitu sedikitnya air pada musim kemarau dan melimpah saat musim hujan.

  • SDA Berdasarkan Nilai Ekonomis Dan Daya Pakai

Berdasarkan nilai ekonomis dan daya pakai nya, sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu SDA ekonomis yang mencakup minyak bumi, emas, timah, perak, dan batu bara; dan SDA non-ekonomis yang mencakup air, sinar matahari, dan udara.

  • SDA Berdasarkan Lokasi

Berdasarkan lokasinya, SDA dibagi menjadi 2 yaitu SDA akuatik yang hanya bisa ditemukan di daerah perairan (kepiting, rumput laut, ikan, udang, terumbu karang, dan lainnya); dan SDA terrestrial yang dapat ditemukan di wilayah daratan (bahan-bahan tambang, hasil hutan, dan lainnya).

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Benda Padat, Cair dan gas Beserta Sifatnya

Itu tadi pembahasan mengenai jenis sumber daya alam yang perlu Anda ketahui. SDA memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tanpa SDA, kelangsungan hidup manusia akan terganggu, begitupun makhluk hidup lainnya yang juga memanfaatkan SDA seperti tumbuhan yang membutuhkan fotosintesis, hewan yang membutuhkan air dan tumbuhan, dan lainnya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here