Macam Tumbuhan Berdasarkan Keping Bijinya

0
25

Tumbuhan itu banyak macamnya. Dan dari sekian banyak macam tumbuhan, beberapa diantaranya bisa kita bedakan berdasarkan pada keping bijinya. Macam tumbuhan berdasarkan keping bijinya ini adalah suatu hal yang sangat menarik dan mudah untuk diamati, karena kita hanya perlu melihat pada bijinya saja.

Adapun tumbuhan jika didasarkan pada keping bijinya, maka tumbuhan tersebut terbagi menjadi dua macam, yakni tumbuhan dikotil serta tumbuhan monokotil. Baik tumbuhan dikotil maupun tumbuhan monokotil itu mempunyai ciri khas masing-masing yang membuatnya begitu berbeda. Penjelasan lebih lengkap mengenai tumbuhan dikotil serta tumbuhan monokotil bisa Anda perhatikan ulasan berikut ini.

keping biji

Baca juga : Perbedaan gerak hewan dan tumbuhan

2 Macam Tumbuhan Berdasarkan Keping Bijinya

Tumbuhan Dikotil

Macam tumbuhan berdasarkan keping bijinya yang pertama ialah tumbuhan dikotil. Tumbuhan dikotil ialah tumbuhan yang memiliki dua keping biji. Ada banyak jenis tanaman dikotil yang ada di sekitar kita, misalnya kacang-kacangan, jeruk, tomat dan masih banyak lagi. Tumbuhan yang terkategori sebagai tumbuhan dikotil ini nanti akan membelah jadi 2 pada saat mengalami perkecambahan.

Ciri lain yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil ialah biasanya dia akan memiliki akar tunggang atau akar pokok. Akar tunggang tersebut mempunyai banyak cabang dan sifatnya sangat kuat serta tidak mudah dipatahkan. Akar ini juga tidak mempunyai tudung akar dan dibentuk secara langsung dari batang pohon utama.

Tumbuhan dikotil juga akan bercabang dimana pada cabangnya tersebut terdapat kambium yang terdapat pada perbatasan diantara jaringan floem dan xilem. Bentuk daunnya lebih lebar dengan susunan tulang daun yang menyirip atau menjari. Bunga tumbuhan dikotil ini akan mempunyai kelopak sebanyak 2, 4, 5 atau kelipatannya.

Ciri lain yang juga dimiliki oleh tumbuhan dikotil ialah berkas pengangkutnya tampak teratur dan bentuknya melingkar menyerupai cincin. Lebih dari itu, apabila biji tumbuhan dikotil ini Anda belah dengan sengaja tanpa menggunakan pisau, maka Anda akan melihat bahwa memang biji ini terbagi menjadi dua.

Tumbuhan Monokotil

Macam tumbuhan berdasarkan keping bijinya yang kedua ialah tumbuhan monokotil. Sesuai dengan namanya mono yang artinya satu, tumbuhan ini hanya mempunyai 1 keping biji saja. Contoh yang paling mudah Anda amati ialah jagung, padi, pisang, kelapa dan lain-lain. Karena hanya mempunyai 1 keping biji saja, maka pada saat berkecambah, tumbuhan ini tidak mengalami pembelahan.

Akar yang dimiliki oleh tumbuhan monokotil ini juga berbeda dengan akar yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil, yaitu akar serabut. Akar serabut pada tumbuhan ini bentuknya kecil dan tipis. Umumnya, akar tersebut juga mempunyai tudung akar yang akan membantunya tetap kuat saat menembus tanah.

Tumbuhan monokotil tidak akan mempunyai cabang batang. Tengok saja pohon kelapa, tidak ada cabangnya bukan? Selain tidak mempunyai cabang, tumbuhan monokotil juga tidak mempunyai kambium seperti tumbuhan dikotil. Anda bisa mengamati hal ini dengan cara membuka sedikit kulit batangnya.

Baca juga : Bagaimana cara berkembang biak pada tumbuhan

Bentuk daun tumbuhan monokotil akan memanjang, bukan melebar seperti tumbuhan dikotil. Dan tulang daunnya juga sejajar. Adapun jumlah kelopak bunganya, biasanya terdiri atas 3 atau kelipatannya. Berkas pengangkut yang dimiliki oleh tumbuhan monokotil ini terdapat pada seluruh bagian batang tanpa adanya susunan yang tampak secara khusus. Tidak ada korteks juga pada tumbuhan jenis ini.

Itulah perbedaan umum tumbuhan dikotil serta tumbuhan monokotil yang sangat mudah kita amati. Selain perbedaan-perbedaan tersebut, perbedaan juga tampak pada klasifikasinya.

Pada tumbuhan dikotil, klasifikasinya terdiri atas Euphorbiaceae, Leguminoceae, Solanaceae, Myrataceae dan Compositae. Sedangkan untuk tumbuhan monokotil, klasifikasinya juga ada 5, dan itu terdiri atas Graminae, Palmae, Musaceae, Orchidaceae dan Zingiberaceae.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here