Contoh SoalBerikut contoh-contoh soal latihan

Macam Alat Pernafasan pada Hewan dan Contohnya

Bernafas ialah suatu proses yang mencakup menghirup udara serta mengeluarkan udara. Setiap makhluk hidup akan bernafas sebagai tanda kehidupannya. Proses bernafas ini akan melibatkan alat-alat pernafasan. Antara manusia dengan hewan, alat pernafasannya tidaklah sama. Bahkan antara hewan yang satu dengan hewan yang lainnya pun alat pernafasannya bisa saja berbeda-beda.

Macam Alat Pernafasan pada Hewan

Alat pernafasan yang terdapat pada hewan itu bisa berupa insang, paru-paru, kulit, trakea dan lain sebagainya. Berikut ini ada macam alat pernafasan pada hewan dan contohnya yang bisa Anda simak, antara lain.

baca juga: Perbedaan gerak hewan dan tumbuhan

Berbagai Macam Alat Pernafasan pada Hewan dan Contohnya

Membran Sel Kulit

Alat pernafasan pada hewan yang pertama ialah membran sel kulit. Ini dimiliki oleh hewan-hewan bersel satu atau yang mungkin lebih Anda kenal sebagai protozoa. Protozoa menggunakan membran sel kulitnya untuk bernafas karena memang hewan ini belum mempunyai organ pernafasan dalam tubuhnya.

Sistem pernafasannya sendiri berlangsung secara difusi, dimana pada saat hewan tersebut bernafas maka konsentrasi oksigen yang ada dalam selnya jadi berkurang dan sisa metabolismenya (yang dalam hal ini berupa karbondioksida) jadi meningkat.

Kondisi ini akan menyebabkan kadar oksigen di luar sel dan di dalam sel jadi berbeda, dimana pada bagian luar konsentrasi lebih tinggi dan di bagian dalam konsentrasinya lebih rendah. Akibatnya, oksigen akan masuk ke dalam sel secara difusi.

Paru-paru

Macam alat pernafasan pada hewan dan contohnya yang kedua ini lebih menyorot pada binatang-binatang yang menggunakan paru-paru dalam sistem pernafasannya. Adapun hewan ini kemudian akan disebut sebagai mamalia yang berkembang biaknya dengan cara melahirkan seperti anjing, sapi, kucing dan lain-lain.

Secara umum, mamalia mempunyai proses sistem pernafasan yang mirip dengan sistem pernafasan manusia yaitu melalui rongga hidung, kemudian faring, lanjut ke trakea, bronkus kemudian paru-paru.

Kantong Udara dan Paru-Paru

Hewan yang dalam proses bernafasnya menggunakan kantong udara dan paru-paru ialah aves atau burung dan berbagai jenis unggas. Umumnya, alat pernafasan kelompok hewan aves terdiri atas hidung, trakea, faring dan paru-paru yang terhubung dengan kantong udara. Karena aves bisa terbang, maka cara mereka bernafas pun dibagi menjadi dua, yakni saat terbang dan saat tidak terbang.

Saat terbang, aves tentu akan kesulitan menghirup oksigen melalui hidungnya, karena itu hewan jenis ini dan memanfaatkan cadang udara yang terdapat dalam kantong udaranya untuk kemudian masuk ke dalam paru-paru.

Sementara itu, pada saat sedang tidak terbang, maka aves akan menghirup oksigen dimana nantinya oksigen ini akan diproses di dalam paru-paru, sementara sebagiannya akan disimpan dalam kantong udara.

Baca juga: kenali 6 cara perkembangbiakan hewan

Insang

Alat pernafasan lain yang terdapat pada hewan ialah insang. Contoh hewan yang menggunakan insang untuk bernafas ialah ikan, kecuali jenis ikan yang termasuk dalam kelompok mamalia. Insang ini terdiri atas 4 pasang, dimana keempatnya tersebut terdapat di sisi kiri, sisi kanan serta bagian kepala.

Insang ini mempunyai lembaran yang diselimuti oleh jaringan epitel, dimana di dalamnya terdapat jaringan pembuluh darah kapiler. Ikan akan bernafas dengan cara membuka serta menutup mulutnya dan bergantian dengan membuka serta menutup insangnya.

Kulit

Ada juga hewan yang dalam proses bernafasnya menggunakan kulit, contohnya adalah cacing. Setiap hewan yang termasuk dalam golongan cacing biasanya akan menggunakan permukaan kulitnya untuk pertukaran oksigen dengan karbondioksida melalui proses difusi. Kulit yang dimiliki oleh cacing ini biasanya mempunyai banyak kelenjar lendir dan kapiler darah.

Itulah berbagai macam alat pernafasan pada hewan dan contohnya. Selain dari yang disebutkan di atas, tentu masih ada alat-alat pernafasan lain yang digunakan oleh jenis hewan tertentu. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *