Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Kenali 6 Cara Perkembangbiakan Hewan

Makhluk hidup tentu salah satu cirinya adalah bisa berkembang biak, baik itu manusia, tumbuhan, dan hewan. Perkembangbiakan hewan cukup beragam caranya. Tidak hanya beranak tapi masih ada beberapa cara lagi untuk hewan bisa berkembang biak. Untuk tahu lebih rinci, simak ulasan berikut ini.

6 Cara Perkembangbiakan Pada Hewan

Reproduksi pada hewan ada enam cara yang berbeda, tergantung dengan jenis hewan itu sendiri. Ada hewan yang harus kawin terlebih dahulu untuk bisa berkembang biak tapi ada pula jenis hewan yang tidak perlu kawin untuk bisa bereproduksi. Dua jenis hewan ini membuat cara hewan berkembang biak menjadi beragam. Setidaknya ada enam cara perkembangbiakan pada hewan yang perlu diketahui.

1.Beranak atau Melahirkan

Nama lain dari cara perkembangbiakan hewan satu ini adalah vivipar. Cara perkembangbiakan ini adalah dengan cara pembuahan sel hewan jantan terhadap sel telur betina pada tubuh induknya. Jika pembuahan sudah terjadi maka induk akan mengandung dan nanti akan melahirkan juga menyusui.

Biasanya hewan jenis ini disebut mamalia. Cirinya memiliki daun telinga, tubuh yang berbulu, memiliki kelenjar susu, memiliki Rahim untuk mengandung. Hewan-hewan yang bisa dikategorikan vivipar ada monyet, gajah, sapi, kuda, ikan paus, dan masih banyak lagi.

2.Bertelur

Ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan bertelur.  Hewan ovipar ada yang pembuahannya terjadi di dalam tubuh dan ada yang di luar tubuh induk. Untuk yang pembuahan terjadi di dalam tubuh induk sendiri ada yang telurnya dierami dan ada yang tidak. Sedangkan untuk ovipar yang pembuahan di luar tubuh telur tidak dierami induknya.

Cara Perkembangbiakan Hewan

Cara Perkembangbiakan Hewan

Ciri hewan ini biasanya tidak ada daun telinga, tidak punya kelenjar susu, tidak ada masa mengandung. Contoh hewan yang bertelur ada ayam, katak, ikan, buaya, cicak, ular, dan bebek. Bisa dikategorikan unggas, reptil, dan jenis katak serta ikan.

3.Beranak dan Bertelur

Cara perkembangbiakan hewan ini disebut ovovivipar. Proses ovovivipar adalah perkembangan embrio terjadi di dalam telur yang masih berada di dalam tubuh induknya hingga menetas lalu keluar dari tubuh induk setelah menetas. Hewan yang berkembang biak secara ovovivipar ini ada ular sanca dan ular piton.

4.Membelah Diri

Jika ketiga cara perkembangbiakan sebelumnya dilakukan dengan cara kawin. Membelah diri adalah cara hewan berkembang biak tanpa harus kawin atau vegetatif. Hewan yang melakukan reproduksi ini adalah hewan bersel satu.

Proses yang harus dilalui adalah inti sel yang ada di dalam tubuh hewan bersel satu tersebut akan terbelah menjadi dua bagian. Setelah inti sel terbelah maka akan terbentuk sel dari individu baru. Contoh hewan yang membelah diri adalah protozoa dan amoeba.

5.Tunas

Hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah Hydra. Hewan yang berasal dari binatang air dengan bentuk seperti tabung sepanjang 10mm dan bersifat mikroskopis. Hewan ini bisa berkembang biak dengan cara menumbuhkan tunas pada tubuhnya yang akan terus tumbuh dan berkembang.

Saat tunas tersebut sudah tumbuh dan berkembang sesuai batasnya atau disebut tunas dewasa, nantinya tunas tersebut akan memisahkan diri dari induknya dan menjadi individu baru.

6.Fragmentasi

Ada pula cara berkembang biak tanpa kawin yaitu fragmentasi. Caranya adalah dengan memecah tubuh menjadi beberapa fragmen. Fragmen tersebut nantinya akan dewasa dan menjadi individu baru seperti kloning dari tubuh hewan sebelumnya.

Fragmentasi pada hewan ini terkadang membutuhkan bantuan dari makhluk hidup lain secara sengaja atau tidak. Namun ada juga yang secara alamiah mampu mengembangkan organ tertentu hingga mudah diputus atau dilepaskan.Hewan yang bereproduksi dengan cara ini ada bintang laut, cacing pipih, spons, dan cacing annelid.

Baca juga : Inilah Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Harus Kamu Ketahui

Nah itulah beberapa cara perkembangbiakan hewan baik secara generatif dan vegetatif yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply