Inilah Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Harus Kamu Ketahui

Ciri-ciri makhluk hidup? Kita sudah sering mendengar perkataan ini dan belajar semua tentang asal mula kehidupan ketika berada di bangku sekolah. Manusia, hewan, dan tumbuhan yang tidak bisa bergerak merupakan makhluk yang hidup di Bumi. Mahluk-mahluk ini selalu hidup berdampingan dengan berbagai spesies yang ada dan saling membutuhkan satu sama lain.

Kamu pasti berpikir bahwa manusia dan hewan merupakan makhluk yang hidup, lalu bagaimana dengan tumbuhan? Makhluk ini bahkan tidak bisa bergerak ataupun bertahan hidup ketika akan diganggu. Kalau Kamu berpikir tumbuhan bukanlah makhluk yang hidup, mungkin Kamu harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri makhluk yang hidup. Seperti apa saja ciri-cirinya?

Ada 9 Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Harus Kamu Ketahui

Bergerak

Ciri pertama yang pasti menandakan bahwa makhluk tersebut hidup adalah bergerak. Makhluk yang hidup dapat bergerak karena beberapa susunan pembentuk tubuhnya, seperti saraf, otot, atau tulang. Proses bergeraknya satu makhluk juga tidak sama dengan makhluk lainnya.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Bernapas

Apa yang terjadi kalau Kamu menahan napas? Jawabannya Kamu pasti akan mati. Itulah kenapa makhluk hidup harus terus bernapas. Semua makhluk yang masih hidup membutuhkan oksigen agar bisa melakukan proses metabolisme tubuh. Tanaman bernapas melalui daun-daunnya namun, hanya pada malam hari.

Butuh Makanan

Kamu juga pasti tahu kalau setiap makhluk membutuhkan makanan dan nutrisi agar bisa terus bertahan hidup. Begitu juga dengan tanaman yang membutuhkan air. Nutrisi dari makanan dan air ini akan terus membuat tubuh Kamu menjadi lebih kuat dan sehat untuk seterusnya.

Reproduksi

Makhluk yang hidup pasti bisa melakukan reproduksi atau menghasilkan keturunan karena reproduksi merupakan ciri-ciri dari makhluk yang masih hidup. Reproduksi sangat penting dalam siklus kehidupan agar bisa menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya.

Berkembang

Coba lihat diri Kamu sekarang dan 10 tahun yang lalu, pasti banyak sekali perbedaan karena makhluk yang masih hidup terus berkembang hingga pada usia tertentu. Seperti manusia yang dikatakan dewasa ketika berumur 20 tahun, anjing berusia dewasa ketika sudah 1 tahun, atau katak yang sudah dewasa ketika memiliki kaki.

Metabolisme

Metabolisme selalu dilakukan oleh makhluk yang hidup agar bisa melakukan proses pernapasan dan kehidupan yang lainnya. Mulai dari manusia, hewan, dan tumbuhan melakukan proses metabolisme. Manusia dan hewan melakukan proses metabolisme dalam tubuh, sedangkan tumbuhan melakukannya dengan cara fotosintesis.

Iritabilita

Apa itu iritabilita? Iritabilita adalah ciri makhluk yang peka terhadap rangsangan. Contoh adalah saat mata Kamu melihat cahaya terang, rangsangan mata yang silau akan membuat Kamu menutup mata. Ekor kucing yang terinjak akan membuat kucing meloncat. Sedangkan tanaman yang peka terhadap rangsangan bisa Kamu lihat pada Putri Malu yang menutup saat Kamu menyentuhnya.

Beradaptasi

Pernah mendengar kisah leher jerapah yang akhirnya memanjang seperti sekarang? Dulunya leher jerapah pendek seperti makhluk lainnya namun karena makanannya yang tinggi, leher jerapah beradaptasi menjadi panjang agar bisa makan. Itulah ciri-ciri makhluk yang hidup. Kamu juga akan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru nantinya.

Ekskresi

Mengeluarkan zat sisa atau ekskresi adalah ciri-ciri terakhir dari makhluk yang hidup. Contoh dari ekskresi adalah keringat, buang air besar atau kecil, dan mengeluarkan karbon dioksida. Tumbuhan juga mengeluarkan karbon dioksida saat siang hari.

Setiap makhluk hidup pasti memiliki kesembilan ciri yang dikatakan di atas. Karena itu, tumbuhan yang seperti tidak memiliki kehidupan juga harus Kamu masukkan ke dalam golongan makhluk yang hidup karena masih memiliki berbagai ciri-ciri yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, ciri-ciri di atas tentu membuat Kamu semakin mudah membedakan makhluk yang masih hidup dan makhluk yang lainnya.

Leave a Reply