Berikut Fungsi Dan Fakta Menakjubkan Dari Panca Indra Manusia

1
10

Panca indra dianugerahkan oleh Sang Maha Pencipta kepada manusia agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Fungsi indra manusia berbeda-beda antara satu dengan lainnya yang digunakan untuk mengenali dan merasakan keadaan luar.

Jumlah indra manusia ada 5, yaitu indra pendengar (telinga), indra pengecap (lidah), indra penglihat (mata), indra pencium (hidung), dan indra peraba (kulit). Yuk simak fungsi dan fakta menakjubkan panca indra manusia berikut ini.

Berikut Fungsi Umum Dan Fakta Menakjubkan Panca Indra Manusia

  • Telinga Sebagai Indra Pendengar

Fungsi indra manusia di bagian menangkap suara sekitar adalah telinga. Telinga berfungsi menerima sebuah rangsangan berupa suara (fonoreseptor) serta alat keseimbangan tubuh. Getaran suara sekitar diterima dan disalurkan menuju gendang telinga, tiga tulang pendengaran, rumah siput, sel-sel rambut, organ korti, sel saraf auditory, dan berakhir di otak.

Panca Indra
Panca Indra

Fakta indra manusia di bagian telinga yaitu memiliki kemampuan membersihkan sendiri karena telinga menghasilkan cerumen atau ear wax dan rambut silia yang membantu mendorong kotoran keluar dari lubang telinga. Fakta unik lainnya adalah telinga manusia selalu bekerja saat Anda sedang tidur.

  • Lidah Sebagai Indra Pengecap    

Fungsi indra manusia di bagian merasakan rasa makanan yang masuk ke mulut terletak di lidah. Lidah memiliki papilla yang berfungsi sebagai saraf pengecap rasa makanan yang berbeda-beda (pahit, manis, asin, dan asam). Papilla lidah merasakan larutan atau makanan berasa lalu menuju saraf gustatory lalu ke medula oblongata lalu ke talamus dan berakhir di otak.

Fakta indra manusia di bagian lidah yaitu manusia tidak dapat merasakan sesuatu yang tidak dilarutkan oleh air liur. Anda akan sulit menjabarkan rasa makanan itu karena terasa hambar.

  • Mata Sebagai Indra Penglihat

Fungsi indra manusia di bagian melihat keadaan sekitar berupa gambar dan cahaya adalah mata. Mata manusia tersusun dari bola mata, saraf optik, dan otot bola mata. Cara kerja mata yaitu menangkap cahaya lalu menuju aqueous humor lalu menuju pupil lalu ke bagian lensa lalu menuju ke vitreous humor, retina, saraf optik, dan berakhir di otak.

Fakta indra manusia bagian mata yang menarik yaitu mampu memproses 36 ribu potongan informasi per jam. Mata berkontribusi sekitar 85 persen dari pengetahuan manusia karena mata mampu memproses sekitar 24 juta gambar di hidup manusia.

  • Hidung Sebagai Indra Pencium

Fungsi indra manusia di bagian penciuman ini terletak pada hidung. Cara kerja hidung adalah mengenali aroma keadaan sekitar dengan cara merangsang bau menuju lubang hidung lalu menuju epitelium olfaktori lalu menuju ke mukosa olfaktori lalu menuju ke olfactory nerve lalu ke bagian talamus dan hipotalamus dan berakhir menuju ke otak.

Fakta indra manusia di bagian penciuman yaitu hidung mampu mencium sekitar 10 ribu bau di sekitar Anda. Selain memiliki tingkat penciuman yang tinggi, wanita dianggap memiliki kemampuan penciuman lebih baik dan tajam dibanding laki-laki.

  • Kulit Sebagai Indra Peraba   

Fungsi indra manusia untuk merasakan rangsangan berupa temperatur suhu, rasa sakit, sentuhan, tekstur, dan tekanan adalah kulit. Selain berfungsi sebagai reseptor rangsangan fisik (mekanoreseptor), kulit juga berfungsi sebagai pelindung bagian dalam tubuh, misalnya tulang dan otot. Kulit juga berfungsi sebagai alat ekskresi dan pengatur suhu tubuh.

Baca juga : Bagian-bagian pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Fakta indra peraba manusia terletak di bagian punggung adalah tingkat sensitivity. Punggung manusia berisi bagian yang sangat kecil dari cortex somatosensory sehingga terkenal cukup sensitif di tubuh manusia. Panca indra manusia diciptakan untuk saling melengkapi dan membantu kegiatan manusia di

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here