Contoh SoalBerikut contoh-contoh soal latihan

Bagian-bagian pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Tumbuhan merupakan makhluk hidup layaknya manusia dan hewan. Ia membutuhkan udara serta makanan untuk tetap bertahan hidup. Hanya saja cara mendapatkannya berbeda dengan manusia dan hewan. Tumbuhan hanya membutuhkan air, oksigen, serta matahari untuk mendapatkan makanan. Layaknya makhluk hidup, tumbuhan juga memiliki bagian-bagiannya.

Bagian-bagian pada tumbuhan itu terdiri dari akar, batang, daun dan bunga. Setiap bagian pada tumbuhan memiliki fungsi tersendiri. Untuk informasi lebih detail, simak penjelasan di bawah ini.

Bagian-bagian pada tumbuhan dan Fungsinya

Akar

Akar merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang berada di dalam tanah. Akar terdiri dari beberapa bagian yaitu rambut akar, tudung akar, epidermis, endodermis, xilem, dan floem. Rambut akar berfungsi sebagai tempat masuknya air dan zat-zat lain yang diperlukan tumbuhan, tuduh akar berfungsi untuk melindungi bagian akar ketika menembus tanah.

Baca juga : Bagaimana Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan

Sementara itu epidermis dan endodermis berfungsi sebagai sel dinding bagian dalam akar, serta xilem dan floem berfungsi sebagai pengangkut zat fotosintesis dan pengangkut air. Selain fungsi bagian-bagian akar, fungsi umum akar selanjutnya yaitu sebagai penegak batang tumbuhan dan ada juga beberapa akar yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan seperti wortel, ubi, dan lain-lain.

Bagian-bagian pada Tumbuhan Beserta Fungsinya
Bagian-bagian pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Batang

Bagian pada tumbuhan selanjutnya yaitu batang. Batang memiliki fungsi untuk menempelnya bagian-bagian lain dari tumbuhan. Umumnya, batang memiliki bentuk memanjang meski ada beberapa tumbuhan yang memiliki batang dengan bentuk bulat, lonjong, bersegi, dan simetri radial. Batang pada tumbuhan biasanya akan tumbuh ke arah sumber cahaya matahari.

Fungsi lain dari batang yaitu sebagai tempat saluran berjalannya air dan mineral dari akar menuju daun. Selain itu batang juga berfungsi menyalurkan hasil fotosintesis dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan. Ada beberapa batang tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan seperti sagu, tebu, ketela rambat, dan lain sebagainya.

Daun

Bagian-bagian pada tumbuhan berupa daun biasanya memiliki bentuk yang sangat beragam pada berbagai jenis tumbuhan. Daun dibagi menjadi dua jenis, yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun lengkap merupakan daun yang terdiri dari pelepah daun, tangkai daun, tulang daun, dan helai daun. Contoh tumbuhan dengan jenis daun lengkap yaitu daun pisang.

Untuk jenis daun tidak lengkap hanya terdiri dari tangkai daun, tulang daun, dan helai daun. Contoh tumbuhan dengan jenis daun tidak lengkap yaitu daun mangga. Daun pada tumbuhan berperan penting dalam mengolah makanan yaitu fotosintesis. Sehingga daun juga dijuluki dengan dapurnya fotosintesis. Daun yang digunakan untuk fotosintesis yaitu daun yang berwarna hijau karena memiliki zat hijau daun.

Fungsi lain dari daun yaitu sebagai tempat untuk bernafas tumbuhan yaitu bagian stomata pada daun. Selain itu ada beberapa daun yang berfungsi sebagai alat berkembang biak secara vegetatif, contohnya yaitu daun kaktus.

Bunga

Secara umum bunga menjadi puncak dari tumbuhan, hal ini karena bunga memiliki bentuk yang sangat indah. Bunga berfungsi sebagai alat reproduksi pada tumbuhan. Hal ini terjadi ketika benang sari jatuh pada bagian putik maka akan terjadi biji tumbuhan baru dan akhirnya berkembang biak menjadi tumbuhan baru.

Baca juga : Perbedaan Gerak Hewan dan Tumbuhan

Buah

Bagian-bagian pada tumbuhan yang terakhir yaitu buah. Buah pada tumbuhan berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Selain itu, buah juga berfungsi untuk melindungi biji dan membantu biji cepat matang. Biji tersebut yang nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai tumbuhnya bakal tumbuhan b

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *