Bagaimana Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan

2
23

Cara berkembang biak pada tumbuhan dilakukan dengan dua cara, yakni perkembangbiakan vegetatif dan generatif. Secara umum, perkembangbiakan vegetatif terjadi dengan dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri, sementara perkembangbiakan generatif dilakukan dengan cara penyerbukan atau adanya perantara.

Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan

Perkembangbiakan secara Vegetatif

Cara berkembang biak dengan cara ini, masih dibagi ke dalam dua bentuk, yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan. Agar lebih jelasnya, silakan simak keterangan di bawah ini:

  • Perkembangbiakan Vegetatif alami, umumnya ditandai dengan pertumbuhan tunas yang kemudian akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tunas ini secara garis besar memiliki ruas batang, ketiak daun, ujung akar dan tepi daun. Berikut, macam-macam tunas atau perkembangbiakan vegetatif alami dari tumbuhan:
  1. Tunas Adventif, yaitu tunas liar yang tumbuh dari ujung akar, tepi daun dan di tempat lain di luar batang, misalnya tanaman cocor bebek atau kesemek.
  2. Tunas rumpun, yaitu tunas tumbuhan yang tumbuh di dekat induknya, misal bambu atau pisang
  3. Tunas akar tinggal, yaitu tanaman yang berkembang biak dengan akar yang tertinggal, atau tumbuh menjalar di dalam tanah, misal kunyit, lengkuas, jahe, atau temulawak.
  4. Tunas umbi batang, yaitu tanaman yang batangnya dapat membengkak akibat menyimpan cadangan makanan di dalam tanah, misalnya kentang atau ubi jalar.
  5. Tunas geragih, yaitu batang yang tumbuh menjalar di atas tanah, dan tanaman baru dapat tumbuh dari buku-buku batangnya.
Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan
Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan
  • Perkembangbiakan Vegetatif Buatan, umumnya dilakukan agar tanaman dapat menghasilkan tunas baru yang memiliki hasil atau buah lebih baik daripada induknya. Cara berkembang biak pada tumbuhan ini dapat terjadi selama ada bantuan dari manusia, misalnya melalui cangkok, stek, okulasi, enten dan runduk. Berikut penjelasan lebih detailnya.
  1. Teknik cangkok, yaitu cara pengembangbiakan tanaman agar tunas dapat memiliki sifat-sifat sama seperti induknya, yakni berbuah manis, berdahan lebat, bertubuh besar, dst.
  2. Teknik stek, yaitu cara pengembangbiakan dengan cara memotong batang tumbuhan yang ingin dikembangkan, misalnya tanaman tebu, mawar, ubi kayu dan semacamnya.
  3. Teknik okulasi adalah cara berkembang biak pada tanaman yang dilakukan melalui proses penempelan tunas ke tanaman lain atau okulasi. Cara ini sangat cocok dilakukan agar bisa mendapatkan jenis tanaman baru dari penggabungan 2 jenis tanaman.
  4. Teknik mengenten adalah perkembangbiakan tanaman dengan cara menyambung atau menggabungkan 2 batang tanaman dengan jenis yang sama atau masih dalam satu rumpun, sehingga bisa menghasilkan tanaman dengan hasil unggulan.
  5. Teknik merunduk adalah cara perkembangbiakan buatan yang dilakukan dengan cara merundukkan batang tanaman agar menghasilkan tunas baru.

Perkembangbiakan Secara Generatif

Generatif adalah cara berkembang biak pada tumbuhan yang dilakukan secara alami oleh tumbuhan itu sendiri, yaitu dilakukan melalui perkawinan pada bagian-bagian bunga pada tanaman itu sendiri. Secara umum, perkembangbiakan ini harus melalui dua tahap yakni penyerbukan, yaitu pertemuan antara sel betina atau putik bunga dengan sel jantan atau serbuk sari, dan tahap pembuahan.

Baca juga : Kenali 6 Cara Perkembangbiakan Hewan

Adapun ada kejadian istimewa atau khusus yang bisa terjadi dalam proses ini selama penyerbukan, yaitu:

  1. Outigami adalah proses perkembangbiakan tanpa melibatkan bantuan dari pihak apapun, sehingga penyerbukan terjadi pada putik dan serbuk sari dari bunga itu sendiri.
  2. Geitogami adalah proses perkembangbiakan yang melibatkan bunga tetangga namun masih dalam satu tumbuhan, sehingga serbuk sari bunga lain bisa jatuh ke putik bunga lainnya.
  3. Alogami adalah proses pertemuan antara serbuk sari dan putik yang berasal dari tumbuhan yang berbeda, namun masih dalam satu jenis.
  4. Bastar adalah proses penyerbukan yang terjadi pada 2 jenis tanaman yang berbeda.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here