Alat Peredaran Darah Pada Manusia dan Fungsinya

Hai sobat Ilmu Pengetahuan dot net – Anda tentu pernah mendengar istilah tentang alat peredaran darah pada manusia dan fungsinya. Ya, ini adalah materi SMP yang cukup menarik untuk dibahas. Pasalnya, dari sinilah Anda mengetahui bagaimana nutrisi serta oksigen bisa dialirkan ke seluruh tubuh. Bayangkan jika tidak ada sistem ini pada diri manusia, mungkin manusia tidak akan bisa hidup di dunia tanpa oksigen yang dihirupnya.

Berbicara mengenai sistem peredaran darah, ada beberapa alat yang berpartisipasi dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Alat-alat tersebut di antaranya jantung, arteri, vena, kapiler, dan lainnya. Nah, untuk mengetahui apa fungsi mereka, Anda bisa menyimak informasi berikut, tetapi sebelumnya simak pembahasan tentang gambaran sistem peredaran darah pada manusia berikut ini!

Fakta Mengenai Sistem Peredaran Darah Manusia

A. Peran Sistem Peredaran Darah

Apa peran sistem peredaran darah pada tubuh manusia itu? Sistem ini berfungsi untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sesuai dengan urutan peredarannya. Dalam dunia medis, sistem ini dikenal dengan sistem kardiovaskular yang artinya adalah sebuah sistem yang kegunaannya untuk menyalurkan zat-zat penting dalam tubuh yang dialirkan dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

Ada tiga mekanisme pada sistem peredaran darah manusia yaitu sirkulasi sistemik, sirkulasi pulmonal, dan sirkulasi koroner. Ketiga sirkulasi yang telah disebutkan tadi tentu saling bekerja sama satu sama lain untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia.

Alat Peredaran Darah Pada Manusia dan Fungsinya

Alat Peredaran Darah Pada Manusia dan Fungsinya

Baca juga : Fungsi Dan Fakta Menakjubkan Dari Panca Indra Manusia

B. Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia

Apa yang terjadi jika sistem peredaran darah terganggu? Ini tentu akan memunculkan berbagai masalah atau penyakit yang serius. Beberapa penyakit tersebut antara lain tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung koroner, aterosklerosis, gagal jantung, aneurisma aorta, gangguan irama jantung (aritmia), kelainan otot jantung (kardiomiopati) hingga penyakit jantung bawaan.

C. Inilah Alat Peredaran Darah Pada Manusia dan Fungsinya

  • Jantung

Jantung adalah salah satu organ penting yang harus ada pada tubuh manusia karena perannya yang sangat besar bagi kehidupan. Organ ini memiliki tugas khusus yaitu memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jantung ini terletak di antara paru-paru, tengah dada, dan berlokasi tepat di sebelah belakang sisi kiri tulang dada. Ukuran organ ini sedikit lebih besar dibandingkan dengan kepalan tangan.

Ada empat ruangan yang terdapat di dalam jantung yang kesemuanya itu dirangkum dalam dua bagian yaitu ventrikel (dua bilik) dan atrium (dua serambi). Bagian yang kaya akan oksigen adalah serambi dan bilik kiri, sedangkan bagian yang berisi darah kotor adalah serambi dan bilik kanan.

Selain keempat ruangan itu, di dalam jantung terdapat empat katup yang fungsinya adalah menjaga organ agar darah tetap mengalir ke arah yang tepat. Untuk detak jantung pada orang normal memiliki kisaran antara 60-100 kali per menit, tetapi ini akan berbeda dengan detak jantung atlet bugar yang bisa di bawah 60 kali per menit.

  • Pembuluh Darah

Alat atau organ selanjutnya yang berperan penting dalam sistem peredaran darah adalah pembuluh darah. Ini merupakan sebuah sistem yang memiliki bentuk tabung otot elastis atau tampak seperti pipa. Fungsinya adalah membawa dari dari jantung menuju bagian tubuh lain atau malah sebaliknya.

Ada dua macam pembuluh darah yaitu arteri (nadi) dan vena (pembuluh balik). Fungsi arteri adalah membawa darah keluar melalui jantung menuju ke seluruh tubuh maupun paru-paru. Darah yang dialirkan oleh pembuluh darah ini mengandung banyak oksigen kecuali pada bagian arteri pulmonalis. Bagian ini membawa darah kotor yang nantinya akan dialirkan ke paru-paru.

Selanjutnya ada istilah Vena yang merupakan pembuluh darah yang bertugas membawa darah kembali lagi ke jantung setelah mengalir ke seluruh tubuh atau paru-paru. Darah kotor yang mengandung karbon dioksida dibawa oleh vena cava yang diteruskan ke paru-paru untuk ditukar dengan oksigen dengan jalan proses pernapasan.

  • Darah

Darah merupakan komponen yang bertugas membawa nutrisi, oksigen, antibodi, hormon dan zat lain ke seluruh tubuh. Ada beberapa bagian pada darah manusia yang disebut dengan plasma darah dan sel-sel darah. Plama darah yaitu cairan kekuning-kuningan yang berfungsi membawa hormon, protein, serta faktor pembekuan darah.

Sel-sel darah terbagi menjadi tiga yaitu eritrosit (sel darah merah yang membawa oksigen dan karbon dioksida), leukosit (sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi virus, jamur, dan lainnya), dan trombosit (keping darah yang membantu pembekuan darah).

Baca juga: Macam Organ Tubuh Pada Manusia dan Fungsinya

Nah itu tadi merupakan informasi singkat mengenai alat peredaran darah pada manusia dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai sistem tersebut.

Leave a Comment